Cari di blog ini


Shoutbox

Ternyata Musik dapat Menyebabkan Depresi!

Muslim Muda…rasanya hidup ini terasa hampa kalau satu hari tidak mendengar musik, akan tetapi karena kebisaaan mendengarkan musik inilah bisa menyebabkan seseorang depresi. Kenapa bisa? Berikut Amzan menyajikan penelitian terkait hal ini.
Mendengarkan musik, utamanya karena aktivitas ini begitu mudahnya dilakukan lewat fasilitas telefon genggam, merupakan ciri khas masa remaja.
Tetapi sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa remaja yang menghabiskan waktu terlalu banyak mendengarkan musik menghadapi risiko depresi yang lebih tinggi.
Penelitian yang dipimpin oleh Dr Brian Primack, asisten profesor kedokteran dan pediatri di University of Pittsburgh School of Medicine, menemukan bahwa remaja yang mendengarkan musik lebih sering, berisiko tinggi memiliki penyakit depresi (PDK), dibandingkan dengan remaja yang mendengarkan musik lebih jarang. Remaja yang mendengarkan musik dengan rutin setiap hari memiliki resiko 80% lebih tinggi akan depresi, demikian penelitian tersebut.
Penelitian ini memperkirakan remaja setidaknya empat atau lima jam sehari mendengarkan musik.
"Pada titik ini, tidak jelas apakah orang depresi mulai mendengarkan musik lebih banyak untuk melarikan diri, atau apakah mendengarkan musik dalam jumlah besar dapat menyebabkan depresi, atau keduanya," kata Primack dalam sebuah pernyataan.
Sebaliknya, para peneliti menemukan bahwa buku-buku memiliki efek yang berlawanan: membaca, risiko remaja depresi turun 50%. Di Amerika sendiri keseluruhan aktivitas membaca buku menurun. "Sedangkan bentuk lain penggunaan media meningkat," kata Primack.
Untuk penelitian ini, para peneliti mensurvai 106 peserta yang berusia tujuh sampai 17 selama dua bulan; 46 peserta sebelumnya telah didiagnosis karena depresi.


Sumber : eramuslim.com

Saya teringat dengan sebuah status di jaring sosial seorang teman kira-kira seperti ini, "tidak akan terkumpul antara kesenangan bermusik dengan membaca Alqur'an"
artinya apa?
Berarti kesenangan bermusik akan mengalahkan bahkan membuat kita lalai membaca Alqur'an...
Oleh sebab itu, coba kita baca dulu artikel tentang Al Qur'an dapat menghilangkan Depresi di blog ini

Artikel yang berkaitan



No comments:

Post a Comment

English
French
German
Spain
Italian
Dutch
Russian
Brazil
Japanese
Korean
Arabic
Chinese Simplified